foto1
foto1
foto1
foto1
foto1

Login Form

Capaian pembelajaran lulusan Program Studi Pendidikan IPS mencakup empat aspek, yaituaspek sikap, aspek keterampilan umum, aspek keterampilan khusus danpengetahuan. Aspek capaian pembelajaran lulusan program studi Pendidikan IPS dapatdilihat pada tabel berikut ini:

 

Profil Lulusan

Kode

Capaian Pembelajaran

Sumber

Aspek Sikap (S)

 

1.     Guru IPS

 

2.     Pekerja Sosial

 

3.     Peneliti Bidang Sosial

S1

Bertakwa kepada Tuhan Yang MahaEsa danmampu menunjukkan sikap religious.

Lampiran Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalammenjalankan tugas berdasarkan agama,moral danetika.

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupanbermasyarakat, berbangsa, dan bernegaraberdasarkan Pancasila.

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dancinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasatanggungjawab pada negara dan bangsa.

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan,agama, dan kepercayaan, sertapendapat atautemuan orisinal orang lain.

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial sertakepedulian terhadap masyarakat danlingkungan.

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupanbermasyarakat dan bernegara.

S8

Menunjukkan sikap bertanggungjawabataspekerjaan di bidang keahliannyasecara mandiri.

S9

Menginternalisasi nilai, norma, dan etikaakademik.

S10

Menginternalisasi semangatkemandirian,kejuangan, dan kewirausahaan.

Aspek Keterampilan Umum (KU)

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis,sistematis, dan inovatif, dalam kontekspengembangan atau implementasi ilmupengetahuan dan teknologi yang memperhatikandan menerapkan nilai humaniora yang sesuaidengan bidang keahliannya.

Lampiran Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur.

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atauimplementasi ilmu pengetahuan teknologi yangmemperhatikan dan menerapkan nilai humaniorasesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara, dan etika ilmiah dalam rangkamenghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik

seni, menyusun deskripsi saintifik hasilkajiannyadalam bentuk skripsi dan menggunggahnya dalamlaman perguruan tinggi.

KU4

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalambentuk skripsi dan mengunggahnya dalam lamanperguruan tinggi.

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalamkonteks penyelesaian masalah di bidangkeahliannya, berdasarkan hasil analisis informasidan data.

KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringankerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik didalam maupun di luar lembaga.

KU7

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasilkerja kelompok dan melakukan supervisi danevaluasiterhadap penyelesaian pekerjaan yang

ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawahtanggung jawabnya.

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadapkelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampumengelola pembelajaransecara mandiri.

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan,mengamankan, dan menemukan kembali datauntuk menjamin kesahihan dan mencegahplagiasi.

Aspek Keterampilan Khusus (KK)

KK1

Menerapkan dan mengembangkan pendidikan ilmupengetahuan sosial untuk mencapai keunggulan dibidang kependidikan sesuai dengan tuntutan padatingkat nasional, regional serta internasional.

Rumusan Universitas Negeri Jakarta

KK2

Mengembangkan danmensinergikanilmu- ilmusosial secara terpadu dalam pembelajaran IPSdengan pendekatan tematik.

KK3

Menganalisis dan memecahkan isu-isu kritis sosialyang aktual dalamkehidupan masyarakat.

KK4

Mampu merancang pembelajaran,menyusunstrategi pembelajaran, merencanakan danmelaksanakanevaluasi proses dan hasil belajarserta menerapkan teori-teori pembelajaranIPS.

Rumusan prodi Pendikan IPS STKIP PGRI Sumatera Barat

KK5

Menerapkan konsep dasar dan prosedur penelitianyang dapat memecahkanpermasalahan sosial dimasyarakat.

KK6

Mampu mengembangkan alternatif penyelesaianmasalah-masalah sosial di tengah masyarakatdengan kearifan lokal melalui pembelajaran IPSTerpadu.

Aspek Pengetahuan (P)

P1

Menguasai pendidikan ilmupengetahuan sosialuntuk mencapai keunggulan di bidangkependidikan sesuai dengan tuntutan pada tingkatnasional, regional serta internasional.

Rumusan Universitas Negeri Jakarta

P2

Menguasai konsep ilmu- ilmu socialsecara terpadudalam pembelajaran IPS denganpendekatan tematik.

P3

Menguasai teori isu-isu kritis sosial yang aktualdalam kehidupan masyarakat.

P4

Menguasai teori-teori pembelajaran IPS meliputikemampuan merancang pembelajaran, menyusunstrategi pembelajaran , merencanakan danmelaksanakan evaluasi proses dan hasilbelajar.

Rumusan prodiPendikan IPS STKIP PGRI Sumatera Barat

P5

Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitianyang dapat memecahkan permasalahansosial dimasyarakat.

P6

Menguasai teori-teori sosial dalam menyikapimasalah-masalah sosial mengacu kearifan lokalmelalui pembelajaran IPS.